Kamis, 01 Mei 2014

8 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil


8 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil
Tips Merawat Kandungan

Selama kehamilan terjadi banyak perubahan pada tubuh. Terutama perubahan hormonal, fisik, dan psikologis ibu hamil. Untuk mengatasinya.

Simak hal-hal yang wajib dilakukan ibu hamil ini :

1. Banyak Bergerak

Banyak bergerak bukan berarti banyak aktivitas. Ibu hamil perlu mengurangi beberapa aktivitas yang berat, namun disarankan untuk tetap bergerak menjalankan aktivitas. Bumil juga perlu membiasakan jalan-jalan pagi dan sore hari minimal 15 menit agar persalinan mudah dan lancar.

2. Cukup Istirahat

Istirahat sangat penting bagi bumil. Baiknya bumil tidur malam hingga 8 jam dan mengupayakan tidur siang kurang lebih 1 jam. Istirahat yang cukup membantu peredaran hormon pada tubuh bumil. Jadi, bumil tidak mengalami depresi ataupun merasa mudah marah.

3. Makan Sedikit Tapi Sering

Hormon tubuh yang berubah menyebabkan metabolisme tubuh bekerja lebih keras. Kadang hal ini menyebabkan bumil merasa gampang mual. Makan dalam jumlah sedikit mempermudah proses metabolisme, sehingga bumil tidak merasa mudah mual. Namun, untuk mengatasi masuknya makanan dalam jumlah sedikit, bumil perlu makan lebih sering. Ingat! Kebutuhan makan dalam tubuh bumil, untuk dua orang.

4. Perhatikan Asupan Nutrisi

Nutrisi yang masuk ketika hamil perlu lebih diatur. Dari mulai nutrisi dalam makanan, nutrisi tambahan dalam susu dan vitamin. Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, bukan hanya berguna bagi bumil pada saat kehamilan, melainkan juga bagi pertumbuhan janin dan membantu proses persalinan kelak.

5. Jaga Kebersihan Kulit

Ini perlu diperhatikan. Bumil wajib mandi sehari minimal 2 kali. Selain mengatasi suhu tubuh yang sering naik sehingga bumil sering merasa kepanasan, mandi juga diperlukan untuk mengatasi perubahan kulit pada ibu hamil. Menggunakan lotion setelah mandi juga perlu dilakukan bumil untuk mengatasi kulit yang lebih mudah kering pada masa kehamilan.

6. Melakukan Imunisasi

Ibu hamil perlu memperhatikan jadwal dan waktu imunisasi yang dilakukan. Imunisasi TT pada ibu hamil diperlukan sebagai upaya menghindari terjangkitnya penyakit tetanus bagi si jabang bayi.

7. Rajin Cek Kandungan
Bumil perlu secara teratur mengecekkan kandungannya. Begitu pula jika terjadi perubahan-perubahan yang tidak dipahami pada tubuh. Dengan rajin memeriksa kandungan, ibu dan bayi akan terkontrol selama masa kehamilan, dan persiapan persalinan pun menjadi lebih baik.

8. Banyak Relaksasi
Relaksasi wajib dilakukan selama kehamilan. Selain fisik yang terjaga, kondisi psikologis dan mental pun perlu diarahkan secara baik. Karena efeknya juga akan terasa dan membentuk pertumbuhan serta kepribadian janin sejak di dalam rahim. Bumil bisa selalu mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan atau melakukan kegiatan seperti senam hamil, dan hal-hal santai yang menyenangkan.

Dengan melakukan berbagai hal wajib di atas, ibu hamil akan terhindar dari berbagai masalah kehamilan yang berarti. Tubuh dan jiwa yang sehat akan membentuk pikiran dan mental yang kuat. Sehingga lebih siap menghadapi persalinan dan mengurus bayi kecil kelak.

0 komentar:

Posting Komentar